Minggu, 09 November 2014

DAUR HIDUP SISTEM

Mengenali Adanya Kebutuhan 
Sebelum segala sesuatunya terjadi, timbulnya suatu kebutuhan atau problem harus dapat dikenali sebagai mana adanya. Dalam menganalis sesuatu, diawali dengan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya: Ingin membangun sistem inventory di sebuat super market: Kebutuhan dasarnya adalah:
-Sistem harus bisa menangani penjualan dengan barcode artinya tidak manual (tidak ditulis pakai nota)
-Sistem harus bisa menangani rekap penjualan dalam sehari. Jadi dalam sehari total pemasukan yang diterima adalah sekian rupiah - Sistem harus bisa menangani stok barang. Artinya ketika barang sudah hampir habis maka sistem akan memberikan laporan bahwa barang X sudah hampir habis, sehingga harus order lagi ke suplier

Pembangunan Sistem
Suatu proses atau seperangkat prosedur yang harus diikuti untuk menganalisa kebutuhan yang timbul dan membangun suatu sistem untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Dari kebutuhan-kebutan diatas maka tahap selanjutnya adalah membangun sistem berdasarkan kebutuhan. Jadi pembuatan sistem harus mengacu pada kebutuhan.
Ambil contoh: misalnya sistem harus bisa menganani penjualan dengan barcode maka sistem harus dirancang supaya barcode bisa terintegrasi (terbaca) oleh sistem

Pemasangan Sistem
Tahap ini merupakan peralihan dari tahap pembangunan menuju tahap operasional dan merupakan tahap yang paling penting.
Setelah sistem selesai dibangun maka tahap selanjutnya adalah implemetasi sistem.
Ambil contoh: untuk pembangunan di sistem inventory di supermarket, maka sistem di pasang / di isntalasi di komputer supermarket

Pengoperasian Sistem
Program – program komputer dan prosedur-prosedur pengoperasian yang membentuk suatu sistem Informasi, semuanya bersifat statis. Sedangkan organisasi yang ditunjang oleh sistem informasi tadi selalu mengalami perubahan-perubahan.
Untuk mengatasi perubahan-perubahan tersebut sistem harus diperbaiki atau diperbaharui.
Setelah sistem dipasang didalam komputer, dan digunakan, maka sesuai dengan perkembangan organisasi maka sistem harus terus di update sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan organisisasi.
Misalnya sistem inventory supermarket: sistem tidak hanya melayani pembelian secara kontan saja, tapi juga melayani pembelian secara kredit, maka sistem harus bisa menyesuaian sesuai dengan kebutuhan organisasi / perusahaan

Sistem Menjadi Usang
Kadang–kadang perubahan yang terjadi begitu drastis, sehingga tidak dapat diatasi dengan melakukan perbaikan–perbaikan pada sistem yang berjalan. Tibalah saatnya dimana sistem yang tidak layak lagi untuk dioperasikan dan sistem yang baru perlu dibangun untuk menggantikannya.
Jadi terkadang sistem yang sudah dibangun sudah tidak lagi bisa menangani proses bisnis perusahaan yang kompleks, sehingga bukan hanya perbaikan sistem tapi juga pembangunanan sistem.
Misalnya : Dalam sistem invetory supermarket
Jadi didalam perusahan terjadi perubahan kebijakan dalam sistem penjualnnya, artinya sistem penjualan sudah tidak lagi secara langsung, tapi menggunakan fasilitas internet secara online, maka teknologi yang digunakan sudah tidak lagi menggunakan Teknologi client – server tapi sudah mengunakan teknologi web application.

LATIHAN SOAL 
1.Yang bukan termasuk kedalam karakteristik sistem adalah:
a.Komponen
b.Penghubung
c.Sasaran
d.Software

 2. Sistem komputer termasuk dalam klasifikasi sistem:
a.Fisik
b.Buatan manusia
c.Deterministik
d.Semua benar

3. Tahap paling akhir daur daur hidup sistem adalah:
a.Pemasangan
b.Pembangunan
c.Analisa
d.Sistem menjadi Usang

4. Elemen-elemen yang saling berhubungan atau berinteraksi satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan disebut:
a.Komponen
b.Informasi
c.Sistem
d.Proses

5. Sistem perputaran bumi termasuk dalam klasifikasi sistem:
a.Abstrak
b.Alamiah
c.Deterministik
d.Probabilistik

Jawaban : D
a. Komponen :
b. Penghubung :
c. Sasaran :
d. Software :









Jawaban No 1
Jawaban : D
a. Komponen :
b. Penghubung :
c. Sasaran :
d. Software :

Karakteristik atau sifat system terdiri dari 8 sifat yaitu :
Komponen : Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi
batas system : daerah yang membatasi antara suatu sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya
lingkungan luar sistem : apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem
penghubung : media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya.
masukan : energi yang dimasukan kedalam sistem
keluaran : hasil dari energi yang diolah dan diklafikasikan menjadi keluaran yang berguna
pengolah : suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran
sasaran/tujuan : Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran. dan bila suatu sistem tidak mempunyai sasaran , maka operasi sistem tidak akan ada gunanya
Goal atau Tujuan 􀃆 biasanya dihubungkan dalam ruang lingkup yang lebih luas
Sasaran atau Objective 􀃆 biasanya dihubungkan dalam ruang lingkup yang lebih sempit
Jawaban No 1

Jawaban no 2
JAWABAN : D
a.Fisik : adalah sistem yang dirancang secara fisik, Misalnya : Sistem komputer
b. Buatan Manusia : Sistem Buatan manusia adalah interaksi yang melibatkan manusia denga mesin, misal Sistem Komputer
c. Deterministik : Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Misalnya : Sistem Komputer
Jawaban No 2

Jawaban no 3
JAWABAN : D
1. 1. Mengenali Adanya Kebutuhan
Sebelum segala sesuatunya terjadi, timbulnya suatu kebutuhan atau problem harus dapat dikenali sebagai mana adanya.
1.2 Pembangunan Sistem
Suatu proses atau seperangkat prosedur yang harus diikuti untuk menganalisa kebutuhan yang timbul dan membangun suatu sistem untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
1.3 Pemasangan Sistem
Tahap ini merupakan peralihan dari tahap pembangunan menuju tahap operasional dan merupakan tahap yang paling penting.
1.4 Pengoperasian Sistem
Program – program komputer dan prosedur-prosedur pengoperasian yang membentuk yang membentuk suatu sistem Informasi, semuanya bersifat statis. Sedangkan organisasi yang ditunjang oleh sistem informasi tadi selalu mengalami perubahan-perubahan. Untuk mengatasi perubahan-perubahab tersebut sitem harus diperbaiki atau diperbaharui.
1.5 Sistem Menjadi Usang
Kadang–kadang perubahan yang terjadi begitu drastis, sehingga tidak dapat diatasi dengan melakukan perbaikan–perbaikan pada sistem yang berjalan. Tibalah saatnya dimana sistem yang tidak layak lagi untuk dioperasikan dan sistem yang baru perlu dibangun untuk menggantikannya.

Jawaban no 4
JAWABAN : C
a. Komponen :
b. Informasi :
c. Sistem :
d. Proses :
SISTEM : adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama – sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. • Definisi sistem dapat dilihat dari dua pendekatan, yaitu pendekatan prosedur dan pendekatan komponen/elemen Sedangkan pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya mendefinisikian sistem sebagai berikut : Sistem adalah kumpulan dari elemen – elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Jawaban No 4

Jawaban no 5
JAWABAN : B
a.Abstrak : Sistem Abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide – ide yang tidak tampak secara fisik. Misalnya : hubungan antara manusia dengan Tuhan. b. Alamiah : Sistem Alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia, Misalnya : Sistem perputaran bumi. c. Deterministik : (Sistem tertentu) Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Misalnya : Sistem Komputer d. Probabilistik : Sistem tidak tertentu adalah sistem yang kondisi yang masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. Misalnya : sistem ini mungkin bisa menyelesaikan masalah


0 komentar:

Posting Komentar