Selasa, 18 November 2014

PENGANTAR MANAJEMEN & BISNIS

DIMANA MANAJEMEN DIBUTUHKAN
Manajemen dibutuhkan dimana saja orang-orang bekerja bersama (organisasi) untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Setiap manusia dalam perjalanan hidupnya selalu akan menjadi anggota dari beberapa macam organisasi.
Organisasi-organisasi tersebut mempunyai persamaan-persamaan dasar yang tercermin dalam Fungsi-Fungsi Manajemen, walaupun tetap berbeda dalam beberapa hal penerapan (perbedaan budaya, tipe organisasi & anggota).
Fungsi-Fungsi Manajemen Bersifat UNIVERSAL
  • Fungsi-fungsi manajemen adalah sama dimana saja, dalam seluruh organisasi dan pada waktu kapan saja. Yang berbeda adalah penerapannya saja.
  • Takeo Fujisawa – pendiri Honda Motor :
“Manajemen Jepang” 95% mengambil oper   cara-cara “Manajemen Barat”.
Namun perbedaan yang 5% itulah yang membuat manajemen Jepang tidak sama dengan manajemen Barat.
Manajemen
Sebagai Ilmu Pengetahuan

  • Sebagai ilmu pengetahuan, manajemen juga bersifat universal, dan menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis, mencakup kaidah-kaidah, prinsip-prinsip dan konsep-konsep yang cenderung benar dalam semua situasi manajerial.
  • Ilmu pengetahuan manajemen dapat diterapkan dalam semua organisasi manusia.
  • Kesimpulan : Bila seorang manajer mempunyai pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui cara menerapkan pada situasi yang ada, maka dia akan dapat melakukan fungsi-fungsi mana-jerial secara efisien dan efektif.
Mengapa Manajemen Dibutuhkan
Untuk mencapai tujuan (Organisasi / Pribadi) dengan efisien danefektif.
Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan (pihak-pihak yang berkepentingan) dan menentukan skala prioritas.
Mempunyai keunggulan daya saing (competitive advantage) dalam menghadapi persaingan global.
Peter F. Drucker :
Efektivitas : melakukan pekerjaan yang benar
(doing the right things) – tepat sasaran.
Efisien : melakukan pekerjaan dengan benar
(doing things right) – tepat guna.
Pengertian Manajemen
Mary Parker Follett : seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
James A.F. Stoner : proses perencanaan, pengor-ganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
George R. Terry : proses yang khas yang terdiri dari tindakan planning, organizing, actuating dan controlling yang penggunaannya secara ilmu dan seni untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian Manajemen Lain
S. Kimball dan D.S. Kimbal :
Semua tugas dan fungsi, perencanaan, pembiayaan, kebijaksanaan, penyediaan alat dan penetapanstruktur organisasi beserta staffing.
Luther Gulick : bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lenih bermanfaat bagi kemanusiaan.
Ricky W. Griffin : proses perencanaan, pengorga-nisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
Sejarah Singkat Perkembangan Manajemen
  1. Zaman Pra Ilmiah
Pembangunan piramida di Mesir (Piramida Giza) oleh lebih 100.000 orang selama 20 tahun dan berkembangnya kerajaan Romawi serta kota Venesia – Italia adalah peninggalan bersejarah dari hasil kerja kelompok yang digerakkan oleh seorang atau beberapa pemimpinnya dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen.
Tokoh PerkembanganIlmu Manajemen Ilmiah:
Frederick Winslow Taylor (1870),
Scientific Management Theory, mengenalkan teori time and motion studies dan differential piece work untuk meningkatkan produktivitas dengan standar target tertentu.
Penerus : Henry Laurence Gantt (task bonus & plan), Frank Gillberth & Lilian (fast & ergonomic).
Henry Fayol (1916),
Di dalam manajemen tidak ada hukum yang mutlak. Fungsi administrasi terdiri dari to Plan, to Organize, to Command, to Coordinate, to Control.
Fourteen Principle for Administrator (Authorithy ; Unity of Command ; Unity of Direction ; Gank Planks ; Division of work ; Discipline ; Team work ; Renumeration ; Centralize ; Order ; Equity ; Stability of tenure personnel ; Initiative ; Spirits the corps).

2 komentar: